Kamis, 08 Maret 2012

Toyota Fortuner(Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)


Toyota Fortuner adalah mobil SUV dari produsen mobil terkenal Toyota yang telah dipasarkan sejak tahun 2005 di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya. Pada awalnya mobil ini dirakit di Thailand dan diimpor langsung oleh Toyota Astra Motor (TAM). Mobil ini dibuat berdasarkan platform Toyota Hilux atau disebut juga dengan Toyota Vigo di Thailand, platform ini digunakan juga oleh Toyota Innova dan Toyota Hi-Lux Pickup. Pada awal tahun 2007, Toyota Fortuner sudah mulai dirakit dalam bentuk CKD (Completely Knock-Down) di Indonesia dan terhitung sejak tahun 2010 menyusul ditutupnya salah satu pabrik perakitan Toyota di Bangkok maka proses perakitan seri Fortuner dialihkan ke Toyota Indonesia.  Di Amerika Selatan, Fortuner dijual dengan nama Hilux SW4.
Toyota Fortuner diproduksi dalam berbagai macam variasi sebagai berikut: G M/T, G A/T, G Lux A/T dan V A/T. Variasi terendah dan termurah diawali dengan G M/T menggunakan mesin 2.500 cc D-4D, transmisi manual dan penggerak 4x2. Diikuti dengan G A/T bermesin 2.700 cc berkode 2TR-FE 2.7l VVT-i 4x2 bertransmisi otomatis. Selanjutnya G Lux A/T memiliki spesifikasi sama dengan G A/T dengan perbedaan pada jok kulit dan 6 in-dash cd changer. Varian paling atas dan mewah adalah V A/T yang memiliki semua peranti G Lux dan satu-satunya model yang berpenggerak 4x4. Warna-warna eksteriornya di antaranya Super White, Silver Metallic, Greyish Brown Metallic, Dark Grey Mica, Black Mica dan Blue Metallic.
Pada bulan Agustus 2007 mulai dipasarkan di Indonesia Toyota Fortuner yang berbasis mesin diesel dengan kode mesin 2KD-FTV 2.5 Liter D-4D atau Direct Four Stroke Turbo Commonrail Injection. Menggunakan teknologi baru sistem Common Rail, mesin diesel ini identik dengan mesin Toyota Innova versi diesel. Pada awalnya varian diesel ini hanya diproduksi dalam bentuk manual, tetapi pada tahun 2009 telah diluncurkan diesel bertransmisi otomatis. Banyak kelebihan dari mobil ini yang disukai masyarakat Indonesia. Di samping dapat memuat tujuh orang dewasa secara leluasa, mobil ini juga mempunyai perawakan yang cukup tinggi sehingga bisa menembus genangan air yang cukup dalam. Toyota Fortuner bisa dibilang sebagai salah satu produk Toyota yang berhasil di mata konsumen Indonesia.
Pada tanggal 13 Mei 2007 telah dibentuk Klub Toyota Fortuner yang diberi nama ID42NER (Toyota Fortuner Club of Indonesia). Klub ini mengadakan acara kumpul bersama bagi anggota-anggotanya, yang diadakan setiap bulan.

Model Facelift

Facelift pertama (2008)

Fortuner versi facelift ditampilkan pada 2008 Indonesia International Motor Show. Model ini memiliki lampu depan, grille, lampu belakang, serta velg alloy baru. Interiornya juga mendapat wood panel dan AC untuk tempat duduk baris kedua. Fortuner 2.5 G juga tersedia dengan TRD Sportivo body kit, yang juga merupakan aksesori tambahan yang bisa dipasang pada Fortuner 2.7 G.

Facelift kedua (2011)

Fortuner kembali mendapat facelift pada tahun 2011 yang ditandai dengan perubahan lebih besar pada bagian depan, belakang, serta interior.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar